Pengertian Jaringan dan Jenis Jenis Jaringan Komputer

Home » » Pengertian Jaringan dan Jenis Jenis Jaringan Komputer
    Belajar Ilmu TKJ - Kalian Pasti Pernah mendengar kata "jaringan" khususnya kalian yang bersinggungan dengan ilmu komputer. Nah apakah kalian tahu apakan definisi dari jaringan sendiri dan juga jenis-jenis jaringan komputer itu sendiri dan apa sih kegunaan nya . Mari Kita Ulas.




  1. Pengertian Jaringan
             












 Jaringan adalah  hubungan antara 2 komputer atau lebih, dengan satu komputer ke komputer lain dengan menggunakan media transmisi menggunakan kabel atau tanpa kabel (wireless) dan menggunakan aturan aturan(protokol) yang di rancang untuk bekerja sama agar dapat berkomunikasi,mengakses informasi antar komputer satu dengan komputer yang lain.










      2. Jenis-Jenis Jaringan Komputer

              A. PAN(Personal Area Network)

                   
 Jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak yang sangat dekat dan hanya beberapa meter saja. Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan antara lain: Wireless Application Protokol(WAP) dan Bluetooth.
Contoh: mengubungkan mouse dengan laptop.


   
       B. LAN(Local Area Netwok)

                 
   Pasti sobat kebanyakan sudah tahu dengan jaringan ini? yak betul LAN. LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil/sempit. Seperti: Jaringan Komputer,gedung,kantor,dan di dalam rumah. LAN juga menggunakan alat perangkat jaringan yang cukup sederhana seperti: Kabel UTP,HUB,Switch,dan Router

     
     C. MAN(Metropolitan Area Network)

             

      Adalah suatu jaringan  dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan  berbagai lokasi seperti: Kampus, perkantoran , pemerintah dan lain sebagainya.
Contoh: Jaringan DEPDIKNAS antar kota/wilayah.

            D. WAN(Wide Area Network)

                   
  Adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar,seperti: jaringan komputer antar kota/wilayah bahkan berbagai negara.
Contoh: Internet.












Nah sekian sobat postingan saya pada kali ini dan jangan lupa meninggalkan  komentar untuk bahn saya untuk koreksi.

SEKIAN TERIMA KASIH  :)



.
Share this article :